Syukur Nikmat
Diposting Selasa, 25 November 2014 - 14:31:43 WIB  oleh : Administrator
Kategori: Religi - Dibaca: 37680 kali


Syaikh Ibnul Qoyyim Al Jauzy menyebutkan kondisi kemungkinan kehidupan manusia tidak akan lepas dari tiga kondisi, yakni: Mungkin manusia sedang mendapat nikmat, mungkin sedang mendapat musibat, munkin ada dalam kondisi jalan salah.

Dengan kondisi itu maka setiap manusia di tuntut mempunyai kecerdasan dalam membaca kondisi kehidupan diri-sendiri. Apabila sedang mendapat nikmat maka dia harus pandai-pandai bersyukur. Apabila seang mendapat musibat maka manusia harus pandai bersabar dan apabila berada di jalan salah maka ia harus pandai bertobat. Maka sebab itu bersyukur, sabar dan taubat adalah ibadah dan sangat tidak boleh keluar dari rambu-rambu syari'at islam.

Sebagai bahasan Pertama kita apabila kita sedang mendapat nikmat maka pandai-pandailah bersyukur. Kenapa kita harus bersyukur? Sebuah pertanyaan yang sering terbersit dalam otak setiap hamba Alloh Swt. Padahal jawabannya apabila kita mau mencoba mentadabburi Al Quran sangatlah mudah. Beberapa alasan manusia harus bersyukur adalah:

  1. Karena Alloh telah menciptakan manusia dengan sempurna perhatikan ayat berikut: ﻠﻘﺪﺨﻠﻘﻨﺎﺍﻹﻨﺴﺎﻦﻔﻲﺍﺤﺴﻦﺘﻘﻮﻴﻡ
  2. Karena Alloh   telah memberikan berbagai nikmat yang diantaranya:
    1. Sehat terbukti ketika sakit kita sangat merindukan sehat
    2. Iman dan Islam Inilah hal yang paling mahal karena tidak setiap manusia mendapat hidayah terbukti paman nabi sendiri yang hidup sezaman dengan rosululloh bahkan ikut membantu dalam perjuangan dakwah tetapi saying beliau tidak beriman dan semua perjuangan menjadi sia-sia.

Kalaulah kita telah memahami alasan-alasan kenapa kita harus bersyukur pertanyaan selanjutnya bagaimana cara kita bersyukur? Tentunya mari kita sama-sama berlatih untuk bersyukur, mari kita kerahkan segenap kemampuan diri untuk bersyukur.

  1. Hati/qolbu.

Hati harus senantiasa menerima apa yang telah Alloh berikan kepada kita. Serta sikapi semua yang ada di diri kita semua hanyalah titipan Alloh Swt. Sikap ini lebih pas digambarkan denagn sikap qona'ah

  1. Lisan/lidah.

Kerahkan lidah untuk senantiasa berdzikir misalkan hamdalah dalam menerima nikmat. Jaga lisan kita dari ghibah dan perbuatan lainnya yang akan menjerumuskan kita ke jurang kehinaan. Ingatlah karena lisan seseorang kan menjadi mulia dan karena lisan juga seseorang akan terjerumus ke jurang kenistaan

  1. Seluruh anggota tubuh.

Inilah wujud sesungguhnya rasa syukur kepada alloh swt, seorang manusia harus mengerahkan seluruh anggaota tubuhnya mulai dari ujung rambut, sampai ke ujung kaki untuk digerakan dan dimanfaatkan sesuai kehendak alloh dan rosulnya. Ingatlah pada saatnya kelak mulut yang pandai bersilat lidah dihadapan alloh akan terkunci, maka organ tubuhlah yang memberikan laporan segalanya di hadapanNya, tanpa ada celah sedikitpun kita untuk mengelak dan tidak mengakuinya. Sudahkan siap organ tubuh kita untuk melaporkan segala amal kita dalam bentuk kebaikan, atau sebaliknya organ tubuh kita hanya melaporkan keburukan dan berbagai kemksiatan kita. Naudzubillah!!

Ingat dengan bersyukur nikmat akan bertambah banyak akan tetapi sebaliknya apabila kufur siksa Alloh amatlah pedih dan setiap manusia pasti tidak mampu mengelak dariNya. Wallohu a'lam.



    0 Komentar :

    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)